Resep by Mba Ulul: Seblak ala Kadarnya

Gak tau kenapa ya, duluuuuuuuuuuu temen-temen kerja gue geger banget sama yang namanya ‘seblak’. Dulu juga, gue gak begitu interesting sama yang namanya seblak. Dalam bayangan gue, makanan macam apa seblak itu. Kerupuk direbus, terus dikasih bumbu cabe ma kencur. Idihhhhhhhh. Jangan kerupuk direbus, makan bubur ayam sama mie rebus tek tek aja, emoh gue dicampur kerupuk. Intinya, gue gak terlalu maniak sama kerupuk.  Makan gak ada kerupuk pun ga masalah buat gue.

Tapi tapi tapi, suatu hari akhirnya gue penasaran juga sama si seblak ini. Karena pada siang itu mulut gue kesepian *karena jomblo*, dan gak ada makanan yang bisa gue sedot. Walhasil googling lah gue resep-resep seblak. Tapi, lah kok resepnya macem-macem nih. Berbagai macam isi. Ada yang pake kerupuk udang, kerupuk ikan, bakso, sosis, ceker ayam. Bussseeettt dah kalo gue pake semua bisa bangkrut nih. Mateng kagak, laper iya. Maksud hati kan pengen ngemil sesuatu yang murah meriah gitu yang ada didapur *dzigh*. Tapi setelah gue tilik-tilik, sebenernya untuk bumbunya sih sama aja, cuma isinya aja yang ribeuttt cyiinn.

Akhirnya gue ngubek-ngubek lemari makan, ngubek-ngubek kulkas, dan ngubek-ngubek dompet nyokap gue *nyari recehan. asli ini kurang ajar banget*. Alhasil, gue mengumpulkan harta kirun. Seperempat kilo kerupuk udang yang gajadi digoreng, setengah bungkus fussili bekas bikin pasta tiga bulan yang lalu, cabe rawit, kencur, bon cabe, bawang de el el. By the way, karena gue kurang suka kalo seblaknya dicampur telur *soalnya amis*, jadi gue skip telurnya. Tenang aje, nih gue rekap resepnya dibawah:

1/4 kg Kerupuk udang

1/4 kg Fussili

2 buah bakso

1/2 Liter Kaldu Ayam

12 buah rawit merah (atau sesuai selera lah)

Selembar daun bawang, iris tipis

4 siung bawang merah

4 siung bawang putih

1 jari kencur

Bon Cabe

Garam, gula, merica bubuk, gula merah *kalo ada*, jeruk nipis seadanya

Okee, udah ready semua???? yuuuukkk kita capcus cyiiinnn…

1. Siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan

Cie cabe-cabean

Cie cabe-cabean

baksonya agak ambigu

baksonya agak ambigu

dan akhirnya terpotong potong

dan akhirnya terpotong potong

2. Yuk mareeeee kita didihkan air didalam dandang. Ingat, jangan ampe gosong yak. Tapi kalo udah gosong yaudah mau gimana lagi

3. Setelah airnya mendidih, masukkan gerombolan kerupuk dan fussili kedalam dandang. Masak hingga setengah matang. Why? Kalo sampai matang, nanti kerupuknya bakal lodoh *bahasa opo itu* pas dimasak didalam bumbu nantinya. Akhirnya, malah over cooking *sekkk*

inget masukkan kerupuknya loh ya. Bukan bakulnya

inget masukkan kerupuknya loh ya. Bukan bakulnya

4. Sembari menunggu kerupuknya jadi setengah matang, mari kita selesaikan bumbunya. Haluskan cabe rawit, bawang merah, bawang putih, kencur dan gula merah

cabe 1 said: ayoo kita masuk kawan-kawan. cabe-cabe yang lain: ayoo ayoo ayoo

cabe 1 said: ayoo kita masuk kawan-kawan.
cabe-cabe yang lain: ayoo ayoo ayoo

cabe 1 said: ternyata kita hancur kawan. kita mah apa atuh

cabe 1 said: ternyata kita hancur kawan. kita mah apa atuh

5. Sering-sering cek kerupuknya ya Mz, Mb. Setelah *menurut Anda* setengah matang, tiriskan kerupuk dan kemudian siram dengan air dingin. Supaya nanti kerupuknya ga nempel-nempel satu sama lain.

6. Sambil nunggu kerupuknya tiris, tumis bumbu halus hingga harum *saking harumnya, mungkin Mz Mb nya akan bersin-bersin di sesi ini*. Setelah harum, tambahkan kaldu ayam. Lalu didihkan. By the way, karena menurut gue cabe yang gue pake kurang, akhirnya gue nekat ngiris rawit merah biar makin jooossssss

Liat kan. Rawitnya mengambang

Liat kan. Rawitnya mengambang

7. Setelah bumbu kuah mendidih, masukkan kerupuk, fussili dan bakso yang sudah diiris tadi kedalam wajan.

Sekali lagi inget ya, masukkin krupuknya bukan bakulnya

Sekali lagi inget ya, masukkin krupuknya bukan bakulnya

8. Lalu, aduk hingga rata. Jangan lupa tambahkan garam, gula pasir, dan merica bubuk secukupnya. Oiya, satu lagi. BON CABE!! Don’t miss it!! Jangan kelamaannya dimasaknya, supaya tekstur kenyal dari kerupuk dan fussilinya ga hilang.

Almost finish

Almost finish

9. And then, setelah matang. Angkat dan matikan kompor *penting itu*. Lalu hidang dengan taburan bawang goreng, kucuran jeruk nipis dan sisa bon cabe!! Hmmmm bon appetite

Sudah jadi! Yay!

Sudah jadi! Yay!

Namanya juga seblak ala kadarnya ya Mz Mb. Maaf kalo rasanya atjak adoel. Seblak tuh enaknya dimakan pas panas-panas. Sebenernya, untuk isi dan bumbunya bisa modifikasi sesuai selera. Disini gue cuma ngasih resep ala-ala nya aja jadi muup bingits kalo banyak kurangnya. Lumayan buat iseng-iseng kan :p

Yang udah coba resepnya, jangan lupa di share disini ya 😀 Happy cooking Mz Mb !!

Tinggalkan komentar